Jumat, 21 November 2008

Indonesian Political Review



Indonesian Political Review mengulas peta politik terkini. Tulisan dalam Indonesian Political Review ini diolah dari data hasil survei nasional terbaru yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Data wawancara lapangan diambil pada pertengahan Mei 2008 ini. Hasil dari survei pada Mei ini dibandingkan dengan survei sebelumnya yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Indonesian Political Review edisi ini mengulasi peta terkini preferensi pemilih pada partai politik. Partai mana yang paling mendapat banyak dukungan. Bagaimana dinamika dukungan pemilih pada partai politik. Edisi kali ini juga mengangkat soal popularitas dan kinerja pemerintah. Sebarapa puas publik dengan kinerja pemerintah selama ini. Apakah popularitas dan kepuasan publik pada pemerintah, naik ataukah turun dibandingkan dengan periode sebelumnya. Sejauh mana kenaikan BBM berdampak pada kepuasan publik atas kerja pemerintah. Selain kinerja pemerintah, Indonesian Political Review juga menyorot soal kinerja lembaga negara. Bagaimana publik menilai kerja dari lembaga negara----presiden, DPR, DPD, MPR, KPK, MK. Isu soal pemberantasan korupsi juga akan diulas secara khusus dalam Indonesian Political Review edisi ini. Lembaga mana yang dinilai publik paling serius dalam memberantas korupsi.
Isi Edisi Ini

INDIKATOR

Kondisi Ekonomi Dinilai Makin Memburuk, Keamanan dan Hukum Dinilai Baik Oleh Publik

Persepsi dan penilaian publik terhadap kondisi Indonesia saat ini (ekonomi, politik, hukum dan keamanan). Trend kecenderungan persepsi publik tas kondisi Indonesia. Penilaian atas kondisi Indonesia dibadingkan tahun yang lalu. Optimisme / pesimisme publik melihat kondisi Indonesia di masa-masa mendatang. Efek kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) terhadap persepsi kondisi Indonesia.

PARTAI

Pertarungan Antara PDIP dan Golkar Memperebutkan Posisi Atas

Peta terkini popularitas dan preferensi publik pada partai. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar bersaing untuk memperebutkan pososisi teratas. Ada dinamika dukungan pada partai menjelang Pemilu 2009 mendatang. Tetapi dinamika itu hanya terjadi di antara sesama partai papan atas (PDIP dan Golkar) dan sesama partai papan menengah (PKB, PPP, PKS, PAN dan Demokrat).

KINERJA PEMERINTAH

Mayoritas Masih Belum Puas Dengan Kerja Pemerintah di Bidang Ekonomi

Hasil survei terbaru mengenai popularitas dan kinerja pemerintahan SBY. Sebagian besar publik Indonesia masih belum puas dengan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini. Tingkat kepuasan yang rendah ini tampaknya dipicu oleh kepuasan yang rendah dalam hal penanganan pemerintah di bidang ekonomi. Publik puas dengan kerja SBY dalam bidang lain----seperti dalam bidang politik, hukum, sosial, dan keamanan.

KINERJA LEMBAGA NEGARA

KPK Masih Dipandang Terbaik Dalam Pemberantasan Korupsi

Data terbaru mengenai kepuasan publik pada kinerja lembaga-lembaga negara Dari lembaga-lembaga penegak hukum, KPK dilihat sebagai lembaga yang mempunyai kinerja lebih baik dibandingkan dengan kejaksaan dan pengadilan. Keberhasilan KPK dalam mengungkap beberapa tindakan korupsi tampak diapresiasi oleh publik.

ISU AKTUAL

10 Tahun Reformasi: Masih Banyak Pekerjaan Rumah

Survei khusus mengenai evaluasi publik Indonesia atas pelaksanaan reformasi. Mayoritas publik kurang puas dengan pelaksanaan reformasi. Publik bahkan menilai kondisi saat ini dimasa reformasi lebih buruk dibandingkan dengan kondisi pada masa Orde Baru Soeharto. Reformasi selama ini tidak banyak menyentuh perbaikan kehidupan publik. Berbagai kemajuan yang telah dicapai selama 10 tahun reformasi ini tidak dirasakan secara langsung dampaknya bagi publik.

Buah Simalakama Kenaikan Harga BBM

Survei khusus mengenai tanggapan publik atas kenaikan harga BBM, Mei lalu. Jika dibandingkan kenaikan sebelumnya, maka kenaikan BBM pada Mei 2008 ini paling banyak ditentang oleh publik. Meski jumlah yang tidak setuju dengan kenaikan harga BBM makin membesar pada Mei 2008 ini, ternyata reaksi (demonstrasi, protes, mogok kerja dsb) tampaknya lebih kecil jika dibandingkan dengan protes saat kenaikan harga BBM pada Oktober 2005.

Download File:

IPR_2_hal1-24.pdf


2 komentar:

Anonim mengatakan...

allllow cc gimana nich kampanye nya sukses ga kudoain moga2 sukses selalu dan tambah jaya Cayoo........................

Prayoga Permana mengatakan...

thanks reviewnya...lumayan buat bhn kuliah he2